Sabtu, 07 November 2009

PEMULIHAN SETELAH BERSEPEDA

Banyak diantara kita senang melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda kesayangan, selain berlatih meningkatkan ketahanan kita juga dapat melatih tehnik. Bersepeda dengan menempuh jarak yang cukup jauh tentu akan menguras energi, kelelahan yang berkepanjangan akan meyebabkan kondisi badan menjadi drop. Maka yang kita butuhkan adalah pemulihan yang cepat sehingga kondisi kita menjadi 100% kembali.

Berikut beberapa tips pemulihan setelah ridding yang melelahkan :
  1. Setelah istirahat 1-2 hari setelah perjalanan jauh, kembalilah bersepeda dengan pemanasan kurang lebih 20 menit dengan kecepatan ringan
  2. Buatlah rute latihan yang ringan, rute datar dengan variasi tanjakan-turunan yang ringan untuk proses pemulihan.Shifting ke chainring besar dan pilih sproket medium (tengah).
  3. Cobalah berdiri beberapa saat diatas sadel dan mulailah sprint. Hitungalah pedal stroke, cukup 25 kali pada tiap kali anda sprint. Atur jeda, ritme kecepatan, 6 kali sprint sudah cukup membantu melemaskan otot-otot anda yang tegang.
  4. Setelah anda melakukan 6 kali sprint, luangkan waktu untuk menempuh rute turunan yang ringan dan flat kurang lebih 20 sampai 30 menit
  5. Bersepeda dengan rute ringan sangat membantu proses pemulihan kondisi anda.
Selain dengan latihan ringan tadi dapat juga dengan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Apabila dengan latihan ringan telah mengembalikan kondisi tubuh kita maka asupan vitamin dan nutrisi dapat kita kesampingkan.

Mungkin ini sedikit tip yang membantu anda mengembalikan kondisi tubuh anda, dan kembali beraktifitas seperti biasa setelah perjalanan bersepeda jarak jauh yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar